Tips Menjaga Kesehatan Kandungan

Sabtu, April 25, 2020
Tips Menjaga Kesehatan Kandungan

Keunikan Kehamilan Trimester 2, Nafsu Makan Ibu Meningkat, Bayi ...

Kesehatan sang anak yang terlahir tentu saja ditentukan oleh sang ibu selama mengandung bayinya. Tentu saja bayi yang terlahir dengan sehat karena berkat pola hidup ibu yang menjaga kesehatan janinnya dengan baik selama masa kandungan. Jadi bayi yang terlahir juga ditentukan oleh ibu yang mengandung bayi tersebut. Pola makan, mental dan aktivitas ibu harus sangat dipertimbangkan supaya janin tetap sehat dalam masa kandungan hingga proses bersalin.
Jadi jangan sesekali kita melawan terhadap orangtua kita terutama ibu kita karena beliau telah mengandung kita selama 9 bulan dan benar-benar memperjuangkan bayinya hingga melalui sulitnya proses bersalin. Setiap ibu adalah superhero kita.

Jadi, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara menjaga kesehatan kandungan untuk para ibu yang sedang mengandung , berikut tipsnya :
1. Jaga mental dan hindari stress
Keadaan pikiran dari sang ibu tentunya dapat mempengaruhi kandungannya juga, maka dianjurkan untuk ibu hamil jangan sampai mengalami stress berlebih. Sering-seringlah jalan-jalan dan melakukan yoga bila diperlukan untuk menghilangkan rasa stress tersebut.

2. Konsultasi ke dokter atau bidan ternama dan ikuti arahan dari mereka
Tentukan bidan untuk konsultasi tiap beberapa bulan sekali untuk mendapatkan arahan terbaik mereka.

3. Menjaga kesehatan
Hindari hal-hal yang dapat memicu kesehatan anda berkurang karena sudah pasti juga kesehatan anda akan berpengaruh pada kandungan. Bisa dengan cara menjaga kebersihan dan mengikuti berbagai macam saran yang diberikan dokter atau bidan.

4. Kenali makanan dan minuman yang menjadi pantangan dan anjuran
Ibu yang sedang hamil sangatlah dipertimbangkan pada pola makannya, alias tidak sembarangan mengonsumsi makanan ataupun minuman yang sekiranya dapat mengancam kesehatan kandungan. Konsumsilah susu, daging yang cukup, kacang-kacangan, kurma, gandum, ikan, sayuran, telur, buah-buahan dan hindarilah obat-obatan, merokok dan minum alkohol, perbanyaklah mineral / konsumsi air mineral.

5. Bacakan lantunan Al-Qur'an
Tips yang satu ini juga bisa diterapkan untuk Ibu hamil beragama Islam karena dipercaya dapat memaksimalkan pertumbuhan otak janin dalam kandungan. Selain itu membaca Al-Qur'an dapat memberikan ketenangan pada janin dan sekaligus mendidik janin pada masa kandungan. Adapula beberapa rekomendasi surah yang dibaca untuk para ibu hamil muslim, yaitu Surah Yusuf, Maryam, Al-Fatihah, Yasin, dan Al-Baqarah.

6. Batasi aktivitas dan jangan sampai kelelahan
Mengapa anda harus membatasi aktivitas anda? karena jika anda beraktivitas terlalu berlebih kemungkinan anda akan kelelahan dan mudah untuk jatuh sakit. Oleh karenanya hindarilah hal ini.

7. Pola hidup sehat
Selain memperhatikan pola makan dan kebersihan , tidur yang cukup, olahraha ringan seperti senam kecil serta menjaga berat badan juga dianjurkan supaya kesehatan janin benar-benar terjamin.

Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi Bumil Menurut Ulama | Muslim ...

8. Konsumsi yang bergizi dan bernutrisi
Ikutilah anjuran dari tips ke 4 dan konsumsilah jangan terlalu banyak (dalam artian jangan terlalu banyak makan untuk menjaga berat badan)

9. Cek perkembangan kandungan tiap bulan sekali
Cek USG ke dokter sangat dianjurkan untuk melihat perkembangan janin.

Ini hasil USG 10week, Alhamdulillah sehat seneng banget ...

10. Sering berhubungan intim dengan suami 
Saat kandungan berusia 4 bulan ke atas, sangat dianjurkan berhubungan intim dan tentunya harus dilakukan secara hati-hati untuk memperkuat janin yang sedang dikandung. Anjuran mengatakan 3 kali dalam seminggu.

11. Mulai merawat payudara 
Ketika kandungan sudah berusia 7 bulan ke atas mulailah mempersiapkan untuk memberikan ASI dengan cara memijit payudara agar meningkatkan produksi air susu.

12. Posisi tidur yang benar
Posisi tidur yang dianjurkan adalah telentang dan miring. Jangan sesekali tidur tengkurap karena dapat menyebabkan tertindihnya janin yang kemungkinan bisa menggugurkan janin.

Baca Juga :
Tips Kesehatan Reproduksi Untuk Laki-Laki Dan Perempuan
Tips Menjaga Kesehatan Kandungan
Cara Menjaga Kesehatan Tulang
Mengenal Berbagai Penyakit Pencernaan Dan Tipsnya
Penyakit Mata Yang Sering Menyerang Masyarakat

Keyword :
kandungan
janin
kesehatan kandungan
kesehatan janin
ibu hamil
tips ibu hamil
tips kesehatan kandungan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »