Seputar Tentang Kesehatan Pernafasan

Senin, Juni 22, 2020
Ilmu & Pelajaran: Sistem Pernafasan (Respirasi)
Apakah anda memiliki penyakit asma, flu, pneumonia dan penyakit pernapasan lainnya?simak ulasan berikut!

Pada umumnya penyakit pernapasan menimbulkan gejala-gejala ringan terkait pernapasan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya keluhan terkait pernapasan diantaranya riwayat penyakit, umur, status gizi dan paparan asap rokok.

Seseorang dengan riwayat penyakit paru memiliki peluang lebih besar mengalami keluhan pernapasan jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit paru.
Seiring bertambahnya usia seseorang maka semakin mudah terserang penyakit terutama penyakit saluran pernapasan.

Terkait dengan status gizi, ketika seseorang gizinya terpenuhi dengan baik maka imunitas tubuh dapat bekerja secara maksimal, dengan begitu maka ketika ada gangguan terhadap fungsi fisiologi, antibodi dapat bekerja secara optimal.

Adanya kandungan ammonia yang terdapat pada rokok menjadikan perokok aktif juga perokok pasif memiliki resiko yang lebih besar terkena gangguan kesehatan terutama pernapasan. Hal itu terjadi karena paparan rokok mampu menyebabkan ventilasi paru-paru kemudian menjadi iritasi dan sekresi mucus.

1.      Asma
Ketika Harga Obat Asma di Inggris Terlampau Mahal | Republika Online
Asma merupakan salah satu penyakit pernapasan obtruktif yang menyerang anak-anak, dewasa hingga lanjut usia. Penyebab dari asma sendiri dibedakan menajdi dua yakni internal dan eksternal.
Internal : usia, jenis kelamin, aktifitas fisik, keturunan dls
Eksternal : infeksi virus, asap rokok, obat-obatan, polusi udara dls
Asma tidak dapat disembuhkan, namun manifestasi kliniknya dapat dikendalikan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah terapi farmakologis, meskipun selama ini terapi farmakologis selama ini hanya dapat mengatasi serangan asma namun kurang efektif untuk mengontrol perkembangannya. Maka dari itu melakukan pencegahan lebaih baik daripada mengobati.

2.      Flu
Gejalanya Mirip, Ini Cara Membedakan Flu Biasa dan Influenza A
Flu atau influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu virus myxovirus. Penyakit ini mudah sekali menular mealui bersin, batuk, atau bahkan berbincang dengan penderita, karena disebabkan oleh virus maka penyakit ini tidak dapat disembuhkan melainkan penderita akan sembuh seiring dengan membaiknya kondisi badan. Gejala utamanya yaitu suhu badan mencapai 39 derajat celcius namun tubuh terasa dingin, gejala yang lain yaitu demam, iritasi mata, sakit tenggorokan dls. Penderita flu lebih baik banyak istirahat, menghidari rokok dan alcohol, banyak mengonsumsi air putih, jua meminum paracetamol untuk menurunkan panas.

3.      Pneumonia
Mengenal Pneumonia, Seberapa Bahaya Penyakit Ini? Halaman all ...
Pneumonia merupakan infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus yang menyerang jaringan paru-paru (alveoli). Gejalanya dapat berupa nafas cepat dan nafas pendek, hal tersebut dikarenakan meradangnya paru-paru secara mendadak.
Bahkan penyakit ini menduduki posisi kedua penyebab kematian pada bayi. Penyakit ini dapat dicegah dengan cara menjaga kebersihan.
Keyword:
Pernapasan
Asma
Influenza
Pneumonia

Artikel Terkait

Previous
Next Post »