Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dari Karies

Senin, Juni 22, 2020
Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dari Karies

Perbedaan Erosi Gigi dan Karies Gigi pada Anak | Berbagi Tips ...


Masalah terkait kesehatan gigi di Indonesia masih sangat perlu diperhatikan, masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi di Indonesia adalah karies gigi. Karies gigi terjadi disebabkan oleh adanya sejumlah faktor yang saling berpengaruh yaitu saliva, gigi, mikroorganisme kemudian waktu dan substrat sebagai tambahan. Faktor-faktor tersebut di ibaratkan seperti lingkaran, apabila mereka terjadi secara beriringan maka akan terjadi karies gigi. Selain faktor internal tersebut beberapa faktor eksternal jua berpengaruh pada terjadinya karies gigi, diantaranya yaitu faktor lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan juga keturunan. Beberapa orangtua memiliki anggapan tidak perlu merawat gigi pada anak sebab besok akan digantikan oleh gigi yang tetap, padahal apabila gigi sulung pada anak pra sekolah mengalami karies gigi dan tidak dilakukan penanganan higga menjadi karies lanjut maka akan berakibat pada fungsi pengunyahan dan penanggalan gigi di usia dini, sehingga akan terjadi erupsi gigi permanen dan upnormal.

Jangan Sampai Terlambat, Cegah Karies Gigi Sekarang Juga - Alodokter

            Terjadinya karies gigi disebabkan karena adanya sisa makanan yang menempel di gigi hingga terjadi pengapuran kemudian menyebabkan gigi berlubang, keropos, bahkan patah. Jika hal ini terjadi maka anak akan kehilangan daya kunyah dan terjadi gangguan pencernaan. Banyak masyarakat yang tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi, sehingga angka karies terus meningkat. Karies gigi dapat menurunkan produktifitas masyarakat akibat sakit yang dirasakan.

Lalu bagaimana cara mencegah hal itu terjadi???
Secara umum pemeliharaan kesehatan gigi dilakukan dengan cara menggosok gigi. Kebiasaan  menggosok gigi menjadi hal penting penyebab terjadinya karies gigi, kualitas menggosok gigi juga perlu diperhatikan.

Ini Lho Alasan Mengapa Bulu Sikat Gigi Anak Berwarna- warni ...

Menyikat gigi sebelum tidur sangat perlu dilakukan, namum sangat disayangkan karena masih sedikit yang melakukannya. Sebagian orang terutama anak-anak melakukan sikat gigi pada saat mandi saja, apabila hal tersebut dilakukan secara terus-menrus maka makanan akan tetap menempel dan melekat.

Kemudian memiliki pola makan yang baik dan sering periksa kesehatan gigi ke dokter sangat penting untuk mencegah gigi berlubang. Memiliki kebiasaan makan makanan manis memiliki peluang lebih besar dari yang memakan makanan berserat. Memeriksakan kesehatan gigi disarankan dilakukan 6 bulan sekali secara rutin.

Makanan yang dapat menstimulasi terjadinya karies gigi disebut dengan makanan kariogenik, yaitu makanan yang didalamnya terkandung fermentasi karbohidrat penyebab terjadinya penurunan pH plak menjadi 5,5. Ternyata makanan yang cair mudah dibersihkan loh dibandingkan dengan makanan yang padat dan bersifat lengket. Meskipum begitu makan yang dikunyah seperti permen karet dan marshmellow walaupun memiliki kadar gula yang tinggi namun memiliki potensi yang rendah terjadinya pelekatan pada gigi.

Jadi untuk teman-teman kurangi memakan makanan yang manis dan rajin sikat gigi terutama malam yahhJ agar kesehatan gigi tetap terjaga.
keyword :
gigi
kesehatan gigi
karies gigi
menyikat gigi
plak gigi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »