Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kesehatan Mental

Senin, Juni 29, 2020
HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN MENTAL

Dua Sisi Kesehatan Mental 

Apa itu kesehatan mental?
Kesehatan mental yaitu terwujudnya keseimbangan diantara fungsi kejiwaan dan lahirnya antar individu terhadap dirinya dan lingkungan, atau dengan kata lain terbebas dari indikasi gangguan mental. Seorang dengan mental yang sehat dapat secara normal dalam menjalani hidupnya terutama menghadapi masalah yang akan datang dengan menggunakan kemampuannya mengendalikan stress. Maka dari itu kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Ternyata kesehatan mental dan fisik berhubungan, stress yang berlebih dapat memperburuk kesehatan mental.

Dalam konsep person in environment menyatakan bahwa hadirnya individu akan saling memengaruhi pada sebuah lingkungan, juga baik secara langsung maupun tidak langsung lingkungan juga dapat memengaruhi indiviidu kemudian berdampak pada perubahan pada individu. Gangguan ini dapat didapatkan saat individu masih berada dalam kandungan dan juga pada masa dewasa saat pertumbuhannya ditemukan hal yang berakibat pada stress berlebih.

Faktor-faktor penyebab terjadinya gangguan mental
- Cepatnya arus urbanisasi di kota besar
*      -Kehidupan kota yang selalu terburu-buru
*      -Rasa individualism lebih menonjol
*      -Semakin majunya ilmu pengetahuan
*      -Mengejar profit komersial dan penuh persaingan
*      -Pengaruh media dan lingkungan
*      -Masa transisi

Perbedaan Desa Dan Kota Keren, 7 Ilustrasi Ini Gambarkan Kehidupan Manusia Zaman Sekarang ...

Dalam kehidupan baik zaman dulu ataupun sekarang sangat diharapkan dibentengi dengan sesuatu yang positif. Salah satu yang selalu didambakan manusia adalah kesehatan mental. Berkembangnya industri, terjadinya modernisasi dan semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan janji terhadap kemajuan dan mempermudah kebutuhan manusia, akan tetapi hal tersebut memberi dampak beban psikologis dalam kehidupan individu, keluarga bahkan masyarakat. Kehidupan modern yang mengarah pada tuntutan cara pandang rasional, kerja secara efisien efektif, dan terlalu sibuk mencari nafkah sehingga mengabaikan hal yang juga bermakna seperti khusuk dalam beribadah, kebersamaaan, pasrah, sabar, istiqomah dls. Terjadinya perubahan sosial secara cepat akibat modernisasi berdampak pada tidak mampunya sebagian orang dalam menghadapi perubahan tersebut, sehingga menimbulkan rasa bingung, cemas, takut, frustasi. Hal tersebut melahirkan ketegangan batin, konflik batin, juga terganggunya emosi yang menjadi faktor risiko terjadinya ketidaksehatan mental.

Benarkah agama berperan penting dalam kesehatan mental???

Sejak Kecil hingga Berusia 23 Tahun, Aku Diajarkan Membenci Agama ...

Yappp bila seorang individu tidak memiliki ketangguhan dalam spiritual dan mental maka akan sulit menghindari ketidaksehatan mental. Agama merupkan salah satu hal yang mampu meningkatkan daya tahan seorang, agama sangat berperan dalam terbinanya moral karena nilai dan moral agama tabiatnya tetap. Ketika seorang sedang merasakan kegelisahan pertimbangannya akan didasarkan pada nilai-nilai agama. Dalam posisi apapun dan dimanapun yang ia unakan adalah moral yang sudah tertanam dalam hatinya. Agama memiliki peran yang besar dalam penanganan ketidaksehatan mental dapat dilihat dari keteguhan dan kemantapan agama seseorang. 

Keyword :
Kesehatan mental
Person in environment
Gangguan mental
Agama

Artikel Terkait

Previous
Next Post »