Manfaat dan Efek Terapi Bekam Ala Rasulullah

Senin, Juni 22, 2020
Manfaat dan Efek Terapi Bekam Ala Rasulullah

7 Manfaat Terapi Bekam yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Bekam (Al-hijamah) merupakan terapi kesehatan dalam islam, Al-hijamah berasal dari kata Al-hajj yang  berarti menghisab. Bekam berkedudukan special dalam islam karena merupakan salah satu pengobatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Terapi bekam ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW dibuktikan dengan banyaknya hadis yang meriwayatkannya untuk melakukan pengobatan dengan cara bekam.

Bekam berkembang begitu cepat terutama di Negara muslim tentunya. Salah satunya yaitu di Indonesia, perkembangan bekam di Indonesia di mulai dari bekam tradisional dimana alat yang digunakan masih sangat sederhana. Memasuki tahun 2000 an alat yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan. Bekam merupakan pengobatan menggunakan vaccum cups, untuk titik bekam sendiri ada bermacam-macam namun yang berkembang di Indonesia yaitu dititik meredian akupungtur dan titik bekam Nabi (Prophet potent point). Telah terbukti secara medis bahwa bekam mempunyai nilai yang menguntungkan dalam berbagai penyakit yang berbeda patofisiologisnya dan etiologinya.

Lalu apa saja manfaat dari pengobatan dengan metode  bekam ???
Menyembuhkan sakit kepala, rheumatoid arthritis, migrain, fibromialgia, selulitis, sindroma carpal turner , dan hipertensi, kesalahan bawaan metabolisme galaktosemia, mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh, mengeluarkan zat-zat stimulus nyeri melalui darah yang dikeluarkan, dan efek taktil yang timbul dapat menekan serat nyeri maka terapi bekam dapat mengatasi LBP.

Keepikan terapi bekam berasal dari fakta bahwa terapi ini adalah terapi pengeluaran plasma darah dan zat berbahaya dari dalam tubuh.

Bekam sendiri dibedakan menjadi 2
·         Bekam kering
Bekam ini dilakukan dengan cara dihisapnya permukaan kulit dan memijit daerah sekitar tanpa mengeluarkan darah kotor, cara ini biasa dilakukan oleh orang yang takut dengan jarum atau darah. Manfaat dari bekam kering sendiri yaitu melegakan sakit secara darurat dan meringankan sakit karena nyeri yang diakibatkan dari rheumatic dls. Setelah dibekam kulit akan berwarna merah kehitaman sekitar 3 hari.
·         Bekam basah
Bekam basah merupakan tahapan selanjutnya setelah bekam kering dengan cara melukai permukaan kulit dengan jarum yang sudah steril. Pada umumnya setiap hisapan memakan waktu 3 sampai 5 menit dan palin lama 9 menit, tergantung dengan penyakitnya.


Sebelum melakukan terapi bekam, lebih baik jika pasien terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, karena meskipun terapi ini sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat tapi terapi ini belum memiliki unsur pendukung tentang akreditasi  kelayakan pengetahuan secara akademik kesehatan SDM yang akan melakukan terapi


Apakah terapi bekam memiliki dampak negatif??

Akan menimbukan dampak berbahaya apabila alat yang digunakan tidak steril.

Bagaimana dengan efek melakukan bekam secara berlebihan?

Seorang pria di china melakukan bekam setiap hari selama sebulan guna menyembuhkan rasa kaku di bahunya. Kemudia 10 hari terakhir ia merasa punggungnya melepuh pada bekas diletakkannya cangkir bekam. Kemudian ia pergi ke rumah sakit untuk periksa, setelah pemeriksaan ternyata ia terkena infeksi bakteri.
Inilah Efek yang Terjadi Jika Anda Ketagihan Melakukan Terapi ...

Keyword :
Bekam
Al-hijamah
Plasma darah
efek bekam
manfaat bekam

Artikel Terkait

Previous
Next Post »