Dampak Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Senin, Juni 29, 2020
DAMPAK MENGONSUMSI ROKOK ELEKTRIK BAGI KESEHATAN

 Fenomena iQOS, Rokok Elektrik Bikin 5,9 Juta Perokok Konvensional ...

Rokok merupakan sebuah ancaman bagi masyarakat di seluruh negara di dunia, karena dapat menyebabkan kematian. Indonesia menduduki posisi kelima di dunia urutan produsen daun tembakau terbesar dan juga exportir rokok terbesar. Bahkan menduduki posisi ketiga pengonsumsi rokok terbesar sedunia.

Terdapat banyak bahan berbahaya bersifat karsinogen pada setiap rokok yang dibakar. Merokok dapat memicu beberapa jenis penyakit seperti pernapasan kronis, pencernaan, da juga penyakit kardiovaskuler yang dapat menyebabkan kematian. Rokok tidak hanya berdampak pada perokok aktif namun juga berdampak pada orang di sekitar anda atau biasa disebut dengan perokok pasif. Tidak hanya berakibat pada terganggunya kesehatan, rokok juga memiliki dampak pada ekonomi.

Untuk mengatasi kerugian pada bidang kesehatan dan ekonomi akibat rokok maka diadakan pengobatan bagi perokok yaitu program berhenti merokok atau disebut dengan smoking cessation. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok menyebabkan perasaan senang yang menjadikan perokok menjadi ketagihan, ketika seorang perokok mencoba untuk berhenti merokok maka akan timbul gejala kegelisahan dan kecemasan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berhenti merokok bukanlah hal yang mudah dan bersifat komplek.

Rokok elektrik sebagai alat bantu untuk berhenti merokok ???
Beberapa perokok konvensial berpindah menggunakan rokok elektrik karena dinilai lebih aman dibandingkan dengan rokok konvensional. Ada banyak alasan mengapa perokok konvensional berpindah menggunakan rokok elektrik, beberapa diduga sebagai upaya untuk berhenti merokok dan ada yang memiliki alas an karena banyaknya varian rasa yang ditawarkan oleh liquid dibandingkan dengan rokok konvensional sehingga hal itu tidak membuat mereka bosan.

Apakah rokok elektrik berdampak pada kebersihan gigi dan mulut ???
Sebuah penelitian menyatakan bahwa rokok elektrik tidak memiliki efek terhadap kebersihan gigi dan mulut karena uap yang dihasilkan rokok elektrik tidak meninggalkan plak atau stain.

Adakah efek samping dari penggunaan rokok elektrik ???
Dibandingkan dengan kebersihan gigi dan mulut, dampak atau efek samping yang diakibatkan oleh uap rokok elektrik lebih cenderung kepada rusaknya jaringan lunak. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa dampak uap rokok elektrik pada rongga mulut yaitu iritasi tenggorokan, terjadi inflamasi pada gingiva, gingiva dan mukosa bukal, serta ulkus pada bagian palatal.

Rokok elektrik Memiliki potensi mengakibatkan gangguan pada pembuluh darah dan sistem jantung. Selain itu juga memengaruhi sistem tubuh lain seperti pada sistem pencernaan akan terjadi kolitis ulseratif, pada sistem syaraf dapat mengakibatkan sakit kepala, spasme otot dan gangguan memori, system homeostasis, system imun akan menurun, karsinogen menimbulkan tumbuhnya kanker tertentu. Selain itu juga menimbulkan iritasi okular, tenggorokan dan mulut, dermatitis kontak, mual dan muntah.
Keyword :
Rokok elektrik
Smoking cessation
kolitis ulseratif
efek samping

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »