Jerawat, Penyebab & Pencegahannya

Senin, Juni 22, 2020

JERAWAT, PENYEBAB DAN PENCEGAHANNYA

6 Kiat Mengatasi Jerawat Batu pada Wajah

Berbicara tentang jerawat ni, jerawat merupakan masalah kulit yang paling banyak dialami oleh manusia. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang semasa hidupnya tidak pernah mengalami jerawat.  Saat seorang remaja menuju dewasa maka pada masa ini akan terjadi berbagai macam perubahan seperti hormonal, fisik, sosial, maupun psikologis. Nahhh perubahan-perubahan inilah yang nantinya akan menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Jerawat tentunya memengaruhi psikologi seseorang, ketika seseorang sedang mengalami jerawat maka ia akan merasa tidak percaya, malu, cemas atau bahkan merasa takut. Jika dibiarkan terus-menerus maka ia dapat saja menarik diri dari lingkungannya.

Pada perempuan insiden tertinggi terjadi antara usia 14-17 tahun sedangkan pada laki-laki antara 16-19 tahun. Usia yang paling rentan adalah usia antara remaja sampai dewasa yaitu 14-25 tahun. Biasanya jerawat terjadi di area pipi, leher, dau, jidat, dada dan juga punggung.
Apa saja yang menjadi penyebab jerawat? 
·         Genetik
·         Psikis
·         Endokrin
·         Musim
·         Stress
·         Makanan
·         Kosmetik
Kebiasaan sering berganti kosmetik dapat memicu timbulnya jerawat.
·         Infeksi bakteri

Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat?

Antibiotik sering digunakan dalam proses penyembuhan jerawat, namun bila tidak diunakan secara tepat dapat  mengakibatkan resistensi. Maka dari itu perlu dilakukan terapi alternative dari tumbuhan yang memiliki potensi sebagai antibakteri. Fungsi antibakteri sendiri yaitu membunuh dan menghambat tumbuhnya mikroorganisme lainnya.
Viral Antibiotik Amoxicillin Untuk Hilangkan Jerawat, Simak ...

Daun salam dipercaya menjadi salah satu cara menyembuhkan jerawat karena daun salam mengandung tannin dan flavonoid yang memiliki efek antiinflamasi dan antimikroba.
Daun Salam Lancarkan Sirkulasi Darah - Harian Merapi

Menggunakan masker madu dapat membantu proses penyembuhan jerawat, di dalam madu terkandung inhibin dan hodrogen peroksida yang berfungsi sebagai antibakteri. Madu juga mengandung antioksidan alami yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab jerawat gatal.
Masker Madu Bisa buat Muka Glowing Loh, Cobain Yuk - TipsTren.com

Telah terbukti dari hasil penelitian ada banyak tanaman yang mampu sebagai anti jerawat diantaranya A.millefolium, A.verox, B.aristata, C.sappan, C.sativa, C.sinensis, C.longa, C.xanthorrhiza, F.tataricum, L.sericea, M.charantia, P.nigrum, P.indica, P.granatum, R.officinalis, R.cordifolia, S.aromaticum dan Z. officinale.

            Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat?
            Tentu saja ada , salah satunya dengan cara perawatan. Perawatan sendiri dibagi menjadi dua yaitu perawatan dari dalam dan luar. Perawatan dari dalam dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandun banyak vitamin seperti vitamin C, D, dan E. sedangkan perawatan dari luar  dengan menggunakan kosmestik yang cocok untuk kulit. Salah satu kosmetik yang umum digunakan yaitu masker. Manfaat masker yaitu menjaga dan merawat kulit wajah, mengencangkan, menyegarkan, dan memperbaiki kulit. Jenis masker sendiri ada dua yaitu setting mask dan nonsettin mask, setting mask berbahan dasar kimia sedangkan nonsetting mask dari tumbuhan. Sebagian orang memilih menggunakan setting mask karena dinilai lebih praktis, sedangkan sebagiannya lai memilih yang berbahan dasar alami karena lebih mudh didapat dan lebih aman.

Keyword:
perawatan wajah
jerawat
mencegah jerawat
masker madu
antibiotik

Artikel Terkait

Previous
Next Post »