Cara Menjaga Kesehatan Telingan & Pendengaran

Senin, Juni 29, 2020
CARA MENJAGA KESEHATAN TELINGA DAN PENDENGARAN

Gendang telinga - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bagi setiap orang menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting, karena dengan begitu badan akan menjadi bersih dan juga sehat. Jika tubuh kita bersih dan sehat maka kita akan lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Salah satu kebersihan tubuh yang harus dijaga adalah telinga.

Bagaimana cara kita menjaga kesehatan telinga ???

1.      Saat kita membersihkan telinga kita harus melakukannya dengan baik dan benar, karena jika kita melakukan kecerobohan dapat berakibat pada terjadinya iritasi pada lubang telinga, kotoran tertimbun, gendang telinga menjadi sobek, sisa kapas di telinga, serumen menumpuk dalam jumlah banyak yang mengakibatkan gangguan pendengaran yang biasa disebut dengan obturan. Jika hal ini terjadi pada anak-anak maka dapat menurunkan prestasi anak sebab anak merasa kesulitan di kelas.

2.      Berhenti mengorek telinga
Tak Bisa Sembarangan, Begini Cara Membersihkan Telinga yang Benar ...

Adanya kotoran di telinga namun hanya dalam jumlah sedikit merupakan hal yang normal-nirmal saja. Karena kotoran ini berfungsi untuk melindungi telinga dari debu dan kotoran. Telinga memiliki cara yang alami dalam membersihkan kotorannnya, jika suatu saat anda merasa tidak nyaman dengan kotoran anda yang sudah menumpuk, lebih baik anda mengunjungi dokter THT agar diperiksa terlbih dahulu kemudian dibersihkan dengan cara yang aman.

3.      Menghindari suara yang terlalu keras
Sering Dengar Suara Berisik Bisa Sebabkan Serangan Jantung ...
Ketika anda mendengarkan musik menggunakan earphone atau sejenisnya, kemudian anda melakukan itu dalam waktu 1 jam maka anda harus memberikan telinga anda waktu untuk istirahat selama 5 menit. Hindari mendengarkan dengan suara yang terlalu keras karena itu dapat merusak telinga anda. 

4.      Jangan menggunakan ear candle
How Ear Candles Work: Efficacy and Safety
Pernahkah anda membersihkan telinga menggunakan ear candle ???
Ternyata melakukan hal tersebut tidaklah disarankan oleh dokter. Cara ini terbukti tidak efektif membersihkan telinga dan belum jelas apa manfaatnya bagi telinga. Alih-alih memberikan manfaat, ear candle ternyata dapat menyebabkan bahaya pada telinga seperti tersumbatnya saluran telinga dan terbakar.

5.      Pemeriksaan telinga secara berkala
Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kesehatan telinga anda dan mendeteksi jika ada gangguan pada telinga anda sehingga dapat segera dilakukan tindakan. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini 3-5 tahun, namun jika anda merasakan ada gangguan pada telinga maka segera lakukan pemeriksaan.

6.      Mengonsumsi vitamin C dapat membantu mencegah gangguan telinga
9 Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh, Tingkatkan Imunitas Hingga Cegah ...
Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat melindungi jaringan dan sel tubuh dari radikal bebas, termasuk sel rambut yang ada pada telinga.  Mengonsumai vitamin C akan mencegah rusaknya sel rambut telinga yang disebabkan oleh radikal bebas.
Apa saja buah yang mengandung vitamin C ???
Jeruk, jambu, paprika, papaya, kiwi, leci, brokoli, stroberi, tauge, kol, nanas.
Keyword :
Pendengaran
Ear candle
Earphone
Vitamin C

Artikel Terkait

Previous
Next Post »