Kenali Jenis Penyakit Pada Tubuh Anda, Berikut Adalah Klasifikasi Penyakit

Selasa, April 28, 2020
Kenali Jenis Penyakit Pada Tubuh Anda, Berikut Adalah Klasifikasi Penyakit 

5 Penyakit Kronis Ini Disebabkan Rumah yang Kotor 

Manusia tentunya tidak luput dari yang namanya penyakit. Di dunia ini ada banyak jenis penyakit yang menyerang manusia. Ada penyakit yang ringan, sedang hingga parah sekalipun. Penyakit memang sudah menjadi kodrat setiap manusia dan tidak akan bisa dihindari.

Tingkatan penyakit berdasar keseriusannya antara lain :
1. Akut 
Terkadang penyakit ini relatif parah tetapi terjadi dalam jangka pendek dan masih dapat diobati meskipun penderita juga bisa meninggal karenanya.

2. Sub Akut
Tingkat penyakit ini tidak terlalu parah atau bisa dikatakan sedang, tetapi berjalan lebih lama dari level akut. Dan penderitanya bisa dikatakan sembuh.

3. Kronis 
Cenderung tidak terlalu parah tetapi jangka waktunya sangat lama dan terus menerus bahkan seumur hidup penderita. Kemungkinan untuk sembuh minim dan dapat membunuh penderitanya. Contoh penyakit : Jantung, Strok, Kanker, Diabetes, Pneumonia, Penyakit Paru-paru Kronis.

Menurut Thomas C Timmreck pada tahun 2004, ia mengolongkan beberapa penyakit kedalam bebrapa klasifikasi diantaranya :
Three-foot 7in dwarf elected Britain's shortest politician | Daily ...
1. Penyakit Kongenital dan Herediter 
Bayi sumbing, penyebab, risiko, dan cara tepat mengatasinya ...Penyakit yang menyerang genetik dan menyebabkan abnormalitas bawaan atau saat semasa kandungan akibat zat kimia dan biasanya menyerang sesuai faktor keturunan, obat-obatan, rokok, alkohol dan faktor lingkungan yang tidak sehat. Contoh penyakit kongenital dan herediter sendiri adalah Bibir sumbing, dwarfing/kerdil, cacat pada organ tertentu, kelainan tertentu, Hemofilia/pembekuan darah, sindrom down dan penyakit jantung di usia dini. 
Fakta-fakta Hemofilia yang Harus Anda Ketahui - Health Liputan6.com
2. Alergi dan Radang 
Penyebab dari jenis penyakit ini adalah bakteri dan virus serta gens mikrobiologi atau material kecil yang menyatu dengan organ tubuh sehingga menyebabkan infeksi. 
Anda Alami Penyakit Seperti Ini, Sembuhkan dengan Cara Murah dan ...

3. Penyakit Degeneratif dan Kronis 
Penyakit yang terjadi karena usia tubuh yang semakin mengalami penuaan sehingga menimbulkan beberapa penyakit dan bahkan hingga bersifat kronis. Contoh : Jantung, Osteoporosis, Hipertensi, Diabetes dan Kanker
UINSU.ac.id - OsteoporosisSkipping breakfast may increase coronary heart disease risk

4. Penyakit Metabolik
Ini adalah penyakit medis yang berkaitan dengan produksi energi di dalam sel manusia (atau hewan). Kebanyakan penyakit metabolik adalah penyakit genetik atau penyakit keturunan, meski sebagian di antaranya disebabkan makanan, racun, infeksi, dan sebagainya. Penyakit metabolik genetik dikenal juga dengan sebutan gangguan metabolisme sejak lahir.
Salah satu penyakit metabolik yang terkenal dan banyak penderitanya adalah penyakit gula atau diabetes mellitus.

5. Kanker/neoplastik 
Penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang abnormal sehingga memicu kanker atau tumor ganas. 
Kanker : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Hello Sehat

Adapula penyakit yang diklasifikasikan oleh ICD atau International Classification of Disease yang menjadi acuan instansi kesehatan dunia maupun Indonesia. Bisa anda cek di sini 

Kita tentunya sebagai manusia hanya bisa berdoa dan menghindari segala macam jenis penyakit dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat.

Kujungi juga :

keyword : 
penyakit
klasifikasi penyakit
jenis penyakit
tingkatan penyakit
icd


Artikel Terkait

Previous
Next Post »