Ketentuan Gizi Yang Seimbang

Selasa, Mei 12, 2020
Ketentuan Gizi Yang Seimbang

Mengeluh Terlalu Kurus atau Gemuk? Ini Cara Mengukur Berat Badan ...

Berat badan yang ideal saja belum bisa dikatakan sebagai penanda bahwa kadar gizi anda seimbang,  loh. Karena pada dasarnya gizi yang seimbang ditentukan oleh berat badan, pola makan, konsumsi apakah yang dimakan, pola tidur dan olahraga serta kebersihannya . 
Taukah Anda?, Bila Anda beranggapan orang yang memiliki berat badan yang gemuk berarti orang itu memiliki kadar gizi yang baik, ternyata hal ini sama sekali tidaklah dibenarkan. Gizi yang seimbang ialah tidak terlalu kurus dan juga tidak terlalu gemuk. 

Lalu bagaimana cara menentukan berat badan yang ideal? berikut caranya :
Kita akan menggunakan rumus Broca 

Berat badan (kg) = tinggi badan (cm) - 100

dengan contoh, bila anda memiliki tinggi badan 170 cm, berarti berat badan ideal anda seharusnya 70 kg (dengan menghitung 170 dikurangi 100 dan menghasilkan 70)

Tapi seperti yang kami paparkan di awal tadi, gizi seimbang tidak hanya dilihat dari segi berat badannya saja, ya. Berikut ketentuan-ketentuannya :

4 pilar gizi seimbang :
-Makan beranekaragam dan menyehatkan dengan porsi yang cukup (tidak kurang dan tidak lebih serta dilakukan secara teratur/3 kali sehari dengan porsi yang cukup)
Bagaimanakah konsep makanan 4 sehat 5 Sempurna - Ilmu Gizi ...
perlu diperhatikan pada statement makan beragam di sini, anda juga harus tetap memperhatikan mana makanan yang menjadi pantangan anda bila anda memiliki riwayat penyakit tertentu. Batasilah asupan manis, asin, asam dan berlemak agar terhindar dari penyakit yang tidak diingnkan. Untuk asupan gula yaitu 4 sdm / 50 gram, asupan garam 1 sdt / 5 gram, dan asupan lemak 5 sdm / 67 gram.
Konsumsilah buah dan sayuran 2-3 porsi setiap hari, biasakan makan yang berprotein tinggi namun yang rendah lemak. Minum air putih 8-10 gelas per hari, dan biasakan sarapan.

-Menjaga kebersihan untuk mengindari kuman dan bakteri pada makanan ataupun minuman untuk tetap menjaga kesehatan
PNG Kebersihan Transparent Kebersihan.PNG Images. | PlusPNG

-Olahraga untuk mengatur keluar masuknya zat gizi serta metabolisme tubuh yang lancar. Lakukanlah 3 kali dalam seminggu selama 30 menit.
Ramadhan 2020 Tetap Sehat, Berikut 3 Jenis Olahraga untuk Jaga ...

-Perhatikan berat badan Anda dengan menggunakan acuan IMT / Indeks Masa Tubuh yang benar.
Cara Mengetahui Tubuh Tergolong Ideal, Kurus,Gemuk Ataupun ...

Mulailah untuk mengatur gizi anda, jangan sampai anda kekurangan gizi atau bakan obesitas.

keyword : 
gizi
kadar gizi
berat badan
pola makan
gizi seimbang

Baca juga : 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »