Benarkah Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik?

Selasa, Mei 12, 2020
Benarkah Mandi Malam Hari Menyebabkan Rematik?

Sakit Rematik Dilarang Mandi Air Dingin Malam Hari, Benarkah?


Pernahkah anda mendengar bahwa mandi saat malam hari itu dapat menyebabkan rematik?
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang argumen tersebut, bagaimana fakta yang sebenarnya terkait mandi malam hari?

Fakta Sebenarnya
- Menurut Dokter Hascaryo, pendapat bahwa mandi malam menyebabkan rematik adalah mitos. Tetapi meskipun begitu mandi saat malam hari tetaplah tidak dianjurkan untuk kesehatan. 
- Mandi malam hari dapat menyebabkan demam, pilek dan tubuh tidak akan kuat menahan rangsangan air dingin sehingga dapat pula berpengaruh kepada metabolisme tubuh yang menyebabkan penuaan dini.

Penyebab Rematik 
- Rematik / Rheumatoid Arthritis sendiri terjadi karena sistem imun yang menyerang jaringan tubuh yang sehat di sekitar sendi hingga menyebabkan persendian menjadi bengkak. 
- Rematik tidak pandang bulu dan dapat menyerang siapa saja , tetapi lebih sering menyerang usia tua kisaran 40 - 60 tahun dan wanita berresiko lebih tinggi terkena rematik. 

Tanda/Gejala
- Terasa nyeri dibagian persendian dan bahkan berwarna merah atau bengkak. Biasanya dirasakan setelah bangun tidur di sekitar pinggul, siku, gelangan kaki dan tangan, lutut/dengkul, dan bahu. 

Bila sudah terkena penyakit ini sebaiknya segeralah konsultasi ke dokter dan mulailah mencegah dengan rutin brolahraga serta melakukan terapi atau pijat dibagian sendi yang mengalami nyeri. Jika dibiarkan nyeri akan semakin bertambah dan dapat memicu melakukan operasi untuk menindaklanjutinya. 

Walaupun mandi malam bukan penyebab rematik, sebaiknya tetap jangan mandi saat malam hari, apalagi bagi anda yang sedang mengalami rematik supaya terhindar dari penyakit baru lainnya.

Hindarilah bekerja dengan beban yang berat. Istirahatlah dengan cukup agar tidak terkena kemungkinan rematik. 

keyword :
rematik
mandi malam
sendi

Baca Juga : 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »